Corporate Governance Vital Untuk Keberlanjutan Perusahaan

BERITABUANA.CO, JAKARTA– Penerapan Corporate Governance dalam perusahaan terbuka dinilai sangat penting untuk meningkatkan kinerja dan citra perusahaan. Itu sebabnya Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) terus mendorong perusahaan terutama yang sudah menjadi perusahaan terbuka (Tbk) menerapkan Corporate Governance. Tahun ini untuk ke-9 kalinya IICD akan memberikan award kepada perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan tata kelola perusahaan yang baik. Kegiatan ini rencananya akan diselenggarakan pada November yang akan datang, namun demikiaan persiapannya sudah mulai dilakukan jauh-jauh hari.

Executive Director IICD, Vita Diani Satiadhi, Selasa (19/9) menjelaskan bahwa Corporate Governance (CG) bagi perusahaan terbuka menjadi hal yang vital bagi perusahaan yang mengedepankan sustainability atau keberlanjutan usaha sebagaimana perusahaan-perusahaan yang sudah melantai di bursa efek. Dalam pemberian Award sebelumnya,yang diselenggarakan pada bulan April 2017 lalu, Ketua Dewan Komisioner OJK (Otoritas Jasa Keuangan) saat itu, Muliaman D. Hadad, mengungkapkan Corporate Governance sangat penting untuk menjamin tumbuhnya kepercayaan di masyarakat. “Corporate Governance sangat kita perlukan untuk menjamin keberlangsungan kegiaatan perusahaan,” kata Muliaman.

Penjelasan Muliaman tersebut ditekankan kembali oleh Ketua IICD, Sigit Pramono. “Salah satu ukuran satu negara yang ekonominya komptetitif dinilai dari pertumbuhan pasar modalnya. IICD inginjuga ingin berperan dan memberikan kontribusi dalam kegiatan perekonomian Indonesia, khususnya melalui pasar modal dengan meningkatkan praktek tata kelola perusahaan atau corporate governance di perusahaan-perusahaan publik,” ujar Sigit Pramono.

Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) merupakan lembaga nirlaba yang didirikan oleh 10 universitas dan sekolah bisnis terkemuka. “Lembaga ini menyediakan jasa advokasi, pelatihan dan riset dalam bidang tata-kelola perusahaan (corporate governance),” jelas Vita Diani di Jakarta (19/9). Sejauh ini IICD sudah memberikan pelatihan kepada lebih dari 3.000 anggota dewan direksi, komisaris serta eksekutif senior dari berbagai perusahaan di Indonesia. IICD juga merupakan pendiri dan sekaligus anggota Institutes of Directors in East Asia network (IDEA.net) yang beranggotakan Institute of Directors di Indonesia, China, Hong Kong, Korea, Malaysia, Filipina, SIngapura, Thailand dan Taiwan.

Selain menyediakan jasa pelatihan tentang tata-kelola perusahaan dan peran serta tanggungjawab dewan direktur dan komisaris, IICD juga telah melakukan kegiatan penelitian yang penting mengenai tata kelola perusahaan, antara lain Corporate Governance Scorecard kepada perusahaan terbuka di Indonesia. Dalam aktivitasnya IICD bekerjasama dengan berbagai institusi nasional dan internasional, seperti World Bank, International Finance Corporation, Global Corporate Governance Forum, Center for International Private Enterprise (CIPE), OECD, Asian Development Bank, Perbanas dan Asosiasi Emiten Indonesia.